Donat J CO

31/05/2011

Dona J CO

 

 Bahan A :

850 gr tepung terigu “Cakra” / tepung terigu Jepang (Komachi)
30 gr ragi instant
10 gr garam
600 ml air matang (kalo pake tepung cakra, kurangi 75 – 100 ml)

Bahan B :
200 gr tepung terigu “cakra” / tepung terigu Jepang
10 gr garam
60 gr susu bubuk FC
125 gr gula pasir
100 gr telur
125 gr mentega putih / shortening

Cara Membuat :

  1.  Aduk bahan A sampai rata, istirahatkan selama 90 menit diwadah tertutup, jadikan sebagai bahan biang.
  2. Campur adonan A dengan bahan B, lalu uleni sampai kalis. Lk. 10 menit. Istirahatkan diwadah tertutup selama 15 menit.
  3. Gilas tipis adonan setebal lk. 1 cm, diamkan 10 menit, cetak dengan cetakan bentuk donat, diamkan 10 menit lagi.
  4. Goreng dalam minyak padat dengan api kcil saja hingga berwarna kuning kecoklatan.
  5. Angkat, dinginkan. Beri topping sesuai selera.

Note :   Jika menggunakan Tepung Cakra, takaran air harus dikurangi sebanyak 75 s.d                       100 ml

klo bikinnya pake tepung komachi .. empukk.. ga tau kalo pake cakra sama ato ngga rasanya. Gorengnya lebih bagus pake minyak padat (pake frybest) karna hasil gorengan donatnya gak berminyak dibanding pake minyak goreng biasa. Teksturnya kopong

oh iya… aku dapet resep ini dari temen, mudah2an bisa bikin anak2 senang

AYAM KENTUCKY

23/07/2010
  • 1 ekor ayam utuh potong2 menjadi beberapa bagian
  • 6-8 cangkir shortening ( minyak beku )

Bahan2nya :

  • 1 butir telur yang sedang besarnya
  • 1 cangkir susu
  • 2 cangkir tepung serba guna
  • 2 1/2 sendok teh garam
  • 3/4 sendok teh merica bubuk
  • 3/4 sendok teh MSG
  • 1/8 sendok teh Bawang Putih bubuk
  • 1/8 sendok teh soda kue

Cara buat :

  • Buang gelambir2 lemak yang terdapat pada ayam.
  • Panaskan miyak terlebih dahulu didalam- wajan atau wadah untuk menggoreng sampai panasnya mencapai 350 derajat{dikira2 aja panasnya)
  • Campurkan susu dan telur. Aduk2 biar rata. Sisihkan
  • Campurkan tepung, garam, lada , MSG, bawang putih bubuk dan soda kue
  • Letakkan masing-masing potongan ayam ke serbet agar kelebihan cairan dari ayam bisa dihilangkan.
  • Celupkan potongan2 ayam tersebut kedalam campuran telur dan susu lalu guling2kan ayam dengan campuran tepung kering, celupkan kembali ke dalam campuran telur dan susu, lalu guling2kan kembali
  • Amati masing-masing potongan ayam apakah sudah berlapis tepung dengan baik.
  • Sisihkan ayam yang sudah terlapis tepung pada piring
  • Masukan potongan2 ayam yang sudah terlapis tepung kedalam miyak yang sudah panas tadi
  • Gorenglah minimal 4 potong ayam selama 12-15 menit, atau sampai kecoklatan

CHEESE STICK

22/07/2010

Bahan:
250 gr tepung terigu
125 gr tepung sagu
sdt garam
2 btr telur
100 ml air hangat kuku
50 gr mentega
150 gr keju edam, parut
50 gr keju cheddar parut
minyak sayur untuk menggoreng

Cara membuat:
– Campur tepung terigu, tepung sagu, garam, keju cheddar, keju edam dan telur, uleni sambil dituangi air hingga tidak lengket, masukkan mentega uleni terus hingga kalis. Lalu bulatkan.
– Tipiskan adonan dengan rolling pin, lalu gunakan alat penipis, gilas bentuh pipih beberapa kali hingga licin. Terakhir taburi tepung sagu tipis-tipis, giling bentuk stick.
– Panaskan minyak dalam api sedang, goreng chees stick hingga kuning kecoklatan. Angkat, tiriskan.
– Setelah dingin, simpan dalam toples rapat.

MACARONI PANGGANG

22/07/2010

Bahan-Bahan
* 1/2 pack Macaroni
* 5 butir Telur
* 300 ml Susu
* 1 buah Bawang Bombay, iris sesuai selera1
* 5 siung Bawang Puti, iris halus
* 1 sdm Mentega
* 1 sdt Biji Pala parut
* sesuai selera Black Pepper
* 10 iris / lembar Smoked Beef /smoked chicken
* sesuai selera Cheddar Cheese
* 1 blok Kaldu ayam blok
* 2 sdm Saus tomat
* secukupnya Mozarella cheese (Topping)

Cara Pembuatan
1 Bagi menjadi 2 sama panjang macaroni-nya trus direbus diatas api sedang lalu berikan 1/2 sdt garam setelah matang saring dan beri mentega supaya tidak lengket.
2 Tumis bawang bombay & bawang putih pake mentega sampe wangi/layu, setelah itu masukan garam & black pepper sesuai selera, setelah itu masukan saus tomat, setelah tercampur semua sisihkan.
3 Nyalakan Oven ukuran panas 170 C
4 Kocok telur di mangkok trus masukkan parutan biji pala campur dengan telornya setelah tercampur masukkan susu lalu campur lagi, lalu masukan 3/4 cheddar cheese aduk lagi, setelah itu klo pake chicken stock campur sekalian tapi klo nggak pake masukin garam sesuai selera, lalu campur lagi tumisan bawang bombay etc. tadi. Bisa diblender atau pakai whisk saja.
5 Sediain piring Pyrex yg sudah diberi mentega & flour sedikit, setelah itu kita susun, pertama2 tata macaroni yg sudah direbus tadi lalu tata irisan smoked beef/smoked chicken setelah itu siram dengan campuran telur, susu, etc yg tadi setelah itu diulang lagi sampe 2X , setelah itu siram diatasnya 1/4 sisa cheddar cheese lalu di Oven selama +/- 30 menit setelah itu tabur semua mozarella cheese diatasnya lalu oven lagi selama +/- 30 menit (sampai matang), total waktu panggangnya +/- 60 menit/1 Jam
6 Sajikan dengan saus sambal.

ZUPPA SOUP

22/07/2010

Cream Soup:
bahan:
100gr Jamur kaleng, cincang
150 gr Ayam rebus, potong dadu
50 gr Bawang bombay, cincang
1,5 lt Kaldu ayam
250 ml Susu evaporated
50 gr Tepung terigu
100 gr Mentega
sdt Merica bubuk
2 sdt Garam
1 sdt Chicken powder

Cara membuatnya :
Panaskan margarin, tumis bawang bombay sampai layu, masukkan tepung terigu, aduk rata, biarkan terigu matang, tuangi susu dan kaldu, aduk rata biarkan mendidih, pindahkan kedalam panci.
Masukkan ayam, jamur dan bumbu lainnya, aduk rata. Tes cicip, bila sudah pas, matikan api.Penyelesaian :
Tuang sup kedalam mangkuk keramik tahan panas, tutup bagian atasnya dengan adonan pastry. Oven hingga pastry matang coklat kekuningan.
Angkat, sajikan panas.

Pastry:
bahan:
1 kg Tepung terigu protein tinggi
550 gr Air
30 gr Gula pasir
15 gr Garam
50 gr Telur ( lk. 1 btr)
100 gr Margarine
500 gr Korsvet / Pastry margarine.

Cara membuat :
Aduk tepung terigu dan gula pasir, tuangi air dan telur, diuleni hingga rata, masukkan mentega dan garam. Uleni terus hingga setengah kalis.
Taruh dalam wadah tertutup, istirahatkan adonan selama 20 menit, dikulkas.
Gilas adonan memanjang, letakkan pastry margarine ditengahnya, lipat, lalu gilas dengan lipatan tunggal. Istirahatkan 5 menit dikulkas. Gilas lagi, lipat lagi (lihat praktek). Lakukan hingga 3 kali lipatan.
Terakhir, gilas tipis, dan buat model sesuai selera. Salah satunya untuk menutup mangkuk pada pembuatan Zupa Soup.

OTAK OTAK

22/07/2010

Bahan :
500 gr daging ikan tenggiri segar
50 gr sagu cap sagu tani
1 sdm tepung terigu
4 siung bwg putih
2 tangkai daun bawang iris
1/2 bks santan kara campur air menjadi 1 gelas
1 btr putih telur
gula-garam secukupnya
daun pisang tentu buat bungkusnya

Cara membuat :
masukkan semua bahan kecuali putih telur kedalam mincer manual ini
masukkan berulang kali supaya tercampur rata
setelah bahan halus dan kalis campur dengan putih telur
bungkus dengan daun pisang, tekan dengan sendok hingga rata.
panggang sampai matang

SAMBAL KACANG

Bahan :
kacang tanah sangrai
kemiri sangrai
cabe merah atau rawit
garam-gula-cuka secukupnya

Cara membuat :
blender semua bahan
tambahkan air
cicipi rasanya dominan asam..

Penyajian :
disajikan dengan saus sambal kacang.

NASTAR JAMBU

22/07/2010

Bahan:
150 gr mentega
60 gr gula halus
1 butir telur
1/2 sdt vanili
250 gr tepung terigu
1 kuning telur
1/2 sdm mentega, untuk mengoles

Selai Nenas:
1/2 buah nenas, buang bagian tengah, parut
125 gr gula pasir
5 cm kayu manis batangan
5 sdm air
1/2 sdt esens citrun

Cara Membuat:
1. Kocok mentega dan gula halus sampai lembut. Masukkan telur, kocok sampai halus. Masukkan terigu dan vanili. Aduk perlahan hingga rata
2. Ambil sejumput adonan kulit .Bentuk seperti jambu Untuk memberi keharuman, bisa ditambahkan cengkeh.
3. Olesi kuning telur supaya terlihat mengkilat. Panggang 25 menit. Simpan dalam stoples
4. Selai Nenas: campur semua bahan selai. Masak di atas api kecil hingga kental dan pekat.
Angkat, dinginkan
5. Masak nanas, gula, air jeruk, dan garam di atas api kecil
sambil diaduk hingga menjadi selai. Tiriskan.

KROKET NASI

22/07/2010

Bahan :
1 sdm margarin
2 sdm bawang putih, cincang halus
2 sdm tepung terigu
5 sendok makan NestlDancow Fullcream, larutkan dengan 150 ml air
300 g nasi putih
1 butir telur ayam
1 sdt garam
1/2 sdt merica bubuk
1 sdm gula pasir
5 buah buncis, iris halus
100 g wortel, serut
50 g keju cheddar, parut
20 butir telur puyuh, rebus, kupas

Lapisan :
100 g tepung roti
1 butir telur ayam
Minyak untuk menggoreng
Pelengkap :
saus cabai botolan

Cara Membuat :
Panaskan margarin, tumis bawang putih hingga harum.
Masukkan tepung terigu, aduk rata, tambahkan susu cair.
Aduk rata hingga menjadi bubur.
Masukkan buncis dan wortel, aduk hingga layu.
Tambahkan nasi, garam ,merica, gula, dan keju, aduk rata.
Tambahkan telur, aduk rata, angkat.
Bagi adonan menjadi 20 bagian, bentuk bola dan isi dengan telur puyuh.
Celupkan bola-bola ke dalam telur, dan lumuri dengan tepung panir.
Simpan dalam lemari pendingin selama 1 jam.
Panaskan minyak dan goreng hingga kecoklatan.
Angkat, sajikan dengan saus sambal botolan.

KROKET

22/07/2010

Bahan :
– 2 sdm margarine
– 1 butir bawang bombay, dicincang (kurleb 75g)
– 100 g daging ayam cincang
– Merica secukupnya
– Garam secukupnya
– Pala secukupnya
– 150 g tepung terigu
– 250 cc susu panas
– 2 butir telur, dipisahkan kuning dan putihnya
– Tepung roti secukupnya
– Minyak untuk menggoreng

Cara olah :
Panaskan margarine, dan tumislah bawang bombay sampai layu. Lalu masukkan daging ayam cincang, merica, garam dan pala. Setelah masak semua, masukkan tepung terigu sekaligus.
Tuangkanlah susu panas ke dalamnya sambil terus diaduk-aduk sampai menjadi adonan yang dapat dipulung, angkat, dan dinginkan.
Setelah dingin, masukkan kuning telur, dan aduk-aduk sampai rata.
Bentuklah ragout menurut selera dan celupkan satu-satu dalam putih telur, lalu gulingkan pada tepung panir.
Gorenglah dengan minyak yang panas sampai matang dan warnanya kuning kecoklat-coklat, angkat.

BOLU SAKURA

22/07/2010

Bahan :
300 gram gula pasir
525 ml air
325 gram tepung terigu
1/2 sendok teh baking powder
1/4 sendok teh soda kue
50 gram susu kental manis cokelat
50 gram margarin
1/2 sendok teh vanili

Cara Membuat :
* Gosongkan 100 gram gula pasir.
* Tuangkan air. Aduk sampai larut, dinginkan. Masukkan margarin dan susu ke dalam karamel sambil ditekan-tekan.
* Campur sisa gula pasir dan tepung terigu yang telah diayak bersama soda,baking powder, dan vanili Aduk rata. Tuangi air caramel, aduk hingga rata.
* Tuang adonan dalam cetakan kue sakura yang telah dioles margarin. Masukkan dalam panci pengukus yang telah dipanaskan lebih dahulu.
* Kukus selama 15 menit.